Tips Website Yg Memiliki Trafik Tinggi

Website (blog) tanpa pengunjung, tidak ada artinya. Seiring berkembangnya isi dari blog anda, dan seiring bertambahnya jumlah pengunjung ke situs blog anda, MULAI MUNCUL MASALAH DENGAN HOSTING ANDA karena TRAFIK TERLALU TINGGI. Dan kejadian ini sangat umum terjadi pada SHARED HOSTING.

Tips website trafik tinggi

Sebelum menggunakan WordPress untuk situs lalu lintas tinggi , Anda perlu memastikan bahwa situs tersebut siap untuk berurusan dengan volume lalu lintas tinggi . WordPress tentu mampu mengelola sejumlah besar lalu lintas , tetapi ada keterbatasan pada apa saja yang dapat dilakukan oleh suatu platform website tertentu. Ketika Anda membuat perubahan pada web hosting Anda / server , sistem caching , atau ukuran file , Anda harus memastikan situs Anda tidak akan crash setelah menerima hanya beberapa ribu hits.

1. Keterbatasan hardware

Seperti aplikasi web lain , WordPress hanya mampu menangani lalu lintas sesuai dengan batasan perangkat keras dimana WordPress tersebut di-instal atau dijalankan.

Ada dua hambatan utama yang dapat mencegah situs Anda dari berfungsi dengan baik bila volume lalu lintas sangat tinggi :

  • Keterbatasan processor
  • Keterbatasan jaringan

1.1 Keterbatasan processor

Tingkat lalu lintas yang tinggi menyebabkan permintaan atau pemakaian sumber daya server internal Anda yang besar pada. Pastikan bahwa server anda memiliki daya prosesor yang cukup dan sumber daya memori untuk memenuhi tuntutan tersebut .

Persyaratan bawaan ( default )  untuk WordPress tercantum di bawah ini . Namun, situs individu mungkin membutuhkan sumber daya tambahan .

1.1.1 MySQL

Seperti banyak blogging dan aplikasi web , WordPress tergantung pada MySQL untuk menyimpan data untuk menghasilkan output. Setiap permintaan yang dilakukan WordPress ke MySQL ( termasuk membaca dan menulis operasi ) menciptakan beban pada server .

WordPress terus dioptimalkan untuk meminimalkan jumlah permintaan MySQL yang diperlukan untuk operasi rutin . Namun, dalam praktek perkembangan, penggunaan plugin dan tema ( theme ) dapat meningkatkan jumlah penggunaan MySQL yang dibutuhkan untuk menjalankan situs tertentu . Dalam situasi lalu lintas yang tinggi , banyaknya koneksi database simultan ( terus menerus ) dapat menyebabkan ketegangan berlebihan pada server . Koneksi yang tidak komplit ( tidak selesai sempurna ) ke server menyebabkan respon  ” Connection timed out ” di browser pengunjung .

Kemampuan koneksi MySQL dapat ditingkatkan baik dengan menyesuaikan pengaturan MySQL , atau menyediakan lebih banyak memori dan kekuatan daya prosesor supaya server dapat bekerja makin keras . Selain itu , dengan menggunakan caching permintaan ( query caching ) dan pengindeksan yang tepat dapat membantu untuk meningkatkan kinerja MySQL . Tidak ada solusi tunggal untuk setiap kasus , karena semua situs beroperasi secara berbeda .

1.1.2 Web Service

WordPress adalah aplikasi web server yang netral , artinya dapat berjalan di berbagai platform . Apache dan Linux adalah platform yang paling kuat untuk menjalankan WordPress , tetapi setiap server yang mendukung PHP dan MySQL akan dapat menjalankannya.

Pastikan host Anda memiliki platform paling up – to-date dan versi stabil dari PHP dan MySQL agar tercipta lingkungan yang kuat untuk menjalankan WordPress .

Metode yang dipilih untuk menjalankan PHP  ( PHP adalah bahasa yang menafsirkan kode WordPress )  juga dapat mempengaruhi kinerja server Anda . Dalam mode CGI , server menciptakan kejadian baru (new instance) dari program PHP untuk setiap file PHP yang diminta pengunjung . Dalam mode modul bersama ( atau ISAPI ) , setiap permintaan PHP ditangani oleh pustaka kejadian tunggal ( single library instance ) .

Ada juga banyak kesalahpahaman tentang manfaat implementasi multi- ulir ( multi-threaded ) Apache 2 . Secara umum , kinerja Apache 2 dengan mod_php adalah yang paling stabil . Ada kelebihan dan kekurangan masing-masing metode – ketika memilih metode untuk server Anda , pastikan untuk selalu menjaga lalu lintas dan tuntutan ke server , dan pastikan juga untuk menjalankan tes sendiri sebelum digelar ( digunakan ) .

1.2 Keterbatasan jaringan

Sebuah koneksi internet yang lambat dapat membatasi jumlah halaman yang dapat dilayani oleh server Anda dalam kurun waktu tertentu .

Penyedia jaringan server Anda ( host atau ISP ) biasanya akan menghubungkan server anda ke jaringan internal mereka melalui adaptor Ethernet . Adapter biasanya beroperasi pada kecepatan standar maksimum tertentu, biasanya 10Mb / s , 100MB / s , atau 1Gb / s . Server anda tidak dapat mentransfer file lebih cepat daripada kecepatan di mana koneksi jaringan ini ditransmisikan . Selain itu, ada banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi kecepatan transfer yang sebenarnya yang terlihat pada server Anda .

Pertama , penting untuk dicatat bahwa banyak dari angka-angka ini ( terutama kecepatan adapter jaringan server Anda ) bersifat teoretis . Dalam prakteknya , server Anda tidak akan pernah mentransfer file pada tingkat maksimum yang ditetapkan oleh adaptor . Hal ini karena , selain data aktual yang ditransfer , server juga mengirim dan menerima informasi routing yang dibutuhkan untuk mendapatkan data bagi pengunjung situs Anda . Karena ” kelebihan beban jaringan” ini , hanya sebagian kecil dari bandwidth penuh server yang tersedia untuk benar-benar mentransfer file .

Kedua , server Anda mungkin terhubung ke berbagai perangkat dalam fasilitas provider jaringan Anda . Perangkat ini juga dapat menambah batasan terhadap kecepatan sesungguhnya  yang server Anda dapat capai .

Penyedia jaringan tertentu memungkinkan Anda untuk ” meledak ” Data – sementara melebihi pre-set batas kecepatan transfer – dalam kasus-kasus ketika permintaan untuk konten situs Anda sangat tinggi . Hardware Penyedia jaringan dirancang untuk tahu kapan hal ini diperlukan . Beberapa penyedia hosting mungkin membebankan biaya tambahan untuk fitur ini , beberapa tidak , dan yang lainnya mungkin tidak menawarkan fitur ini sama sekali. Hubungi penyedia layanan Anda untuk mengetahui apakah fitur ini tersedia untuk Anda .

1.2.1 Kecepatan Transfer Jaringan yang digunakan

Untuk menentukan mengapa bandwidth koneksi penting untuk sebuah situs lalu lintas tinggi , mari kita lihat matematika .

Asumsikan situs Anda menerima 100.000 hit dalam sehari . Untuk tujuan perhitungan ini , kita akan mengatakan bahwa satu “hit ” adalah transfer data tunggal , apakah itu adalah file tunggal atau seluruh halaman dan file pendukungnya . Rata-rata keluar , 100.000 hits dalam satu hari setara dengan 1,16 hit setiap detik .

Mari kita juga menganggap hit rata-rata menghasilkan 160KB data yang ditransfer , HTML , gambar , CSS , file download , dll Ini berarti bahwa situs Anda mentransfer 190KB data setiap detik ( 160KB/hit * 1.16 hits / s ) . Total , 190KB / s , sama dengan sekitar 1.5MB / s throughput berkelanjutan . ( Perhatikan bahwa KB = Kilobyte dan Mb = Megabits Kebanyakan kecepatan jaringan yang dinilai dalam bit per detik , sedangkan ukuran file yang diukur dalam byte . . ) Banyak penyedia jaringan membatasi transfer rate dari situs ke sekitar level ini , beberapa lebih tinggi , beberapa lebih rendah . Namun, tingkat stabil ini hanya akan dipertahankan jika tiap individu mengunjungi situs secara berkala .

Biasanya , lebih dari satu pengguna pada satu waktu akan mengakses situs Anda . Di sisi lain , mungkin ada periode di mana tidak ada yang mengakses situs Anda sama sekali . Jika 10 orang tiba-tiba mengunjungi situs dalam satu detik , dan hit rate bertahan selama periode yang panjang ( kejadian seperti ini umum bagi sebuah situs lalu lintas tinggi ) – maka Anda akan membutuhkan koneksi 15MB / s hanya untuk menjaga agar koneksi tetap simultan .

Jika kecepatan teoritis maksimum adaptor jaringan Anda hanya 10Mb / s , maka permintaan ini telah melebihi kapasitas. Dalam hal ini jaringan adalah sumber masalah lalu lintas , bukan WordPress .

Tidak perlu menerima ratusan ribu hits untuk mengalami masalah ini . Tingkat konektivitas yang bertahan pada rate ini untuk sejam saja menghasilkan hanya 36.000 hits. Jika pengunjung situs Anda cenderung suka berkunjung pada waktu-waktu tertentu dalam sehari ( atau skrip komentar otomatis dari  spam yang mencoba untuk mengakses sistem Anda dengan mengirim komentar beberapa kali dalam wajtu bersamaan ) maka Anda akan mendapati keadaan menciutnya banyak permintaan .

Konesksi  100Mb / s bisa menangani hingga 70 koneksi simultan pada tingkat yang sama dari download, tetapi kebanyakan penyedia jaringan tidak akan menawarkan bandwidth yang diperlukan untuk sepenuhnya menggunakan kecepatan ini pada paket shared hosting mereka. Anda mungkin perlu membayar biaya tambahan ( atau langganan premium )  untuk mendapatkan koneksi bandwidth semacam ini.

1.2.2 Rata-rata kecepatan transfer

Hosting file besar seperti video , podcast , atau arsip foto besar dapat membuat Anda berisiko dengan kelebihan transfer. Rencana Hosting ( hosting plan ) sering menetapkan jumlah maksimum data yang dapat ditransfer dalam ruang waktu tertentu . Setelah account Anda telah mencapai jumlah itu, Anda akan dikenakan biaya untuk setiap data tambahan yang ditransfer . Tergantung pada host , ini bisa menjadi sebanyak $ 1/MB .

Pada tingkat itu, sebuah 20MB Download tunggal bisa dikenakan biaya $ 20 tambahan pada tagihan hosting Anda !

Biasanya , semakin tinggi batas transfer , akan semakin mahal rencana hosting Anda. Beberapa layanan hosting menawarkan rencana tanpa batasan transfer. Ini bisa sangat mahal , tapi pasti lebih murah daripada membayar untuk kelebihan transfer  dari lalu lintas situs yang  tinggi .

Sebuah metode populer memaksimalkan kinerja situs Anda sambil menghindari kelebihan adalah dengan menggunakan Content Delivery Network ( CDN ). Ada banyak solusi yang terjangkau seperti pay-as -you-go yang membantu Anda untuk menghindari keterbatasan bandwidth yang disediakan oleh beberapa penyedia hosting.

2. Solusi Trafik Tinggi

WordPress hanya bekerja dengan baik dan maksimal jika berada dalam lingkungan yang tepat . Berikut adalah beberapa hal bisa dicoba jika Anda menemukan masalah kinerja blog Anda akibat lalu lintas tinggi.

2.1 W3 Total Cache

W3 Total Cache ( W3TC ) adalah generasi terbaru di kinerja plugin WordPress, menggabungkan penelitian dari otoritas pengembangan web untuk memberikan pengalaman pengguna yang optimal pada situs WordPress . W3TC adalah unik dalam kemampuannya untuk mengoptimalkan sisi server dan kinerja sisi client:

  • Page Caching : W3TC membantu untuk mengurangi waktu respon dengan membuat versi HTML statis halaman , yang memungkinkan server web untuk melayani mereka tanpa melibatkan PHP . Ia secara otomatis memperbaharui cache ketika ada komentar baru dibuat atau halaman diedit .
  • Minification : Menghapus karakter yang tidak perlu dari HTML , CSS dan file JavaScript , lalu menggabungkannya sebelum menerapkan kompresi HTTP pada file cache .
  • Database Caching : Database query ( objek ) juga di-cache , memungkinkan situs mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan halaman baru . Hal ini sangat berguna untuk situs yang menerima banyak komentar .
  • Header : W3TC mengelola header ( tag entitas , cache – control , berakhir ) yang mengontrol caching file dalam web browser , mengurangi beban server dan meningkatkan kinerja yang dirasakan pengguna.
  • Content Delivery Network ( CDN ) : Menggunakan CDN memungkinkan Anda untuk ” offload ” sumber daya dari account hosting Anda . W3TC memindahkan permintaan untuk gambar , CSS , JavaScript dan file statis lainnya ke jaringan server berkinerja tinggi . Server paling dekat dengan pengunjung secara otomatis digunakan untuk men-download file , menyediakan download tercepat yang mungkin.

W3TC dapat digunakan untuk mengoptimalkan WordPress baik dalam lingkungan tunggal dan multi-server baik melalui berbagi ( shared ) maupun dedicated hosting .

2.2 WP Super Cache

WP Super Cache adalah plugin caching halaman statis untuk WordPress . Ia menghasilkan file HTML yang dilayani langsung oleh Apache tanpa pengolahan script PHP yang relatif berat , membantu Anda untuk membuat keuntungan kecepatan yang signifikan pada blog WordPress Anda .

WP Super Cache adalah turunan dari WP Cache oleh Ricardo Galli Granada . WP Cache juga membuat cache halaman blog WordPress Anda dan mengirimkannya tanpa mengakses database . Namun, penggunaan WP Cache tidak lagi direkomendasikan, karena WP Cache masih membutuhkan mesin PHP untuk melayani file cache .

Namun, WP Super Cache mengerti seputar masalah ini , memungkinkan file HTML yang akan dihasilkan dan disajikan tanpa pernah memanggil satu baris PHP . Menggunakan WP Super Cache memungkinkan server Anda untuk melayani halaman HTML cache pada kecepatan yang sama seperti melayani file grafis. Pertimbangkan WP Super Cache jika situs Anda sedang berjuang untuk mengatasi masalah akibat jumlah pengunjung harian yang tinggi , seperti yang kerap terjadi pada di Digg.com , Slashdot.org atau situs populer lainnya .

2.3 Matikan atau Batasi Plugin WordPress dan Grafis

Anda mungkin melihat efek yang lebih besar dari lalu lintas tinggi ini jika blog Anda memiliki elemen kode dan desain yang besar.

Sebagai contoh, katakanlah halaman depan blog Anda memanggil ( memuat ) 8 grafis untuk menciptakan ” tampilan ” desain blog Anda . Tambahkan angka ini untuk berbagai file template WordPress yang diperlukan untuk membangun halaman Anda . Minimal ( ini termasuk area header , sidebar , footer , dan konten )  menciptakan empat ” panggilan ” lagi ke file di situs Anda. Untuk 100 pengunjung , file-file di-load 1.200 kali . Untuk 1000 pengunjung , file tersebut akan dimuat 12000 kali , meningkatkan baik bandwidth dan aktivitas server .

Plugin WordPress juga file yang ” dipanggil ” oleh Tema ( theme )  WordPress Anda . Pada gilirannya , plugin ini membuat query ke database Anda untuk menghasilkan informasi di blog Anda . Semakin banyak WordPress Plugins , semakin banyak query ke database Anda . Gabungkan semua akses ke file dan query database ini  dengan peningkatan pengunjung dalam eksponensial, dan Anda memiliki banyak sekali permintaan di situs Anda.

Anda dapat menurunkan jumlah file diakses dan query ke database selama periode lalu lintas padat dengan :

  1. Membatasi jumlah grafis di blog Anda . Anda dapat melakukan ini dengan mengedit stylesheet dan file template Theme WordPress Anda .
  2. Mematikan beberapa WordPress plugin untuk sementara . Pergi ke menu daftar WordPress Plugin untuk melihat apakah ada plugin yang bisa dinonaktifkan tanpa menggangu situs anda.

Usahakan akses ke file dan database seminimum mungkin . Mengaktifkan kembali dan mengembalikan fitur ini setelah volume lalu lintas yang padat telah mereda .

2.4 Hosting baru

Seperti yang terdengar menyakitkan, Anda mungkin memerlukan server yang lebih kuat sebagai tempat hosting dengan berganti ke Penyedia jasa hosting lainnya.

Berikut adalah garis besar sederhana langkah upgrade untuk situs yang mengalami masalah dengan lalu lintas tinggi . Jika Anda mengalami masalah dengan :

  • Shared hosting : coba upgrade ke Virtual Dedicated Hosting .
  • Virtual Dedicated Hosting : coba upgrade ke Dedicated Hosting .
  • Dedicated Hosting : coba upgrade ke dedicated server bertenaga tinggi .
  • Dedicated Hosting Bertenaga Tinggi : berbicara dengan penyedia hosting Anda tentang beberapa Load Balanced Server .

Dalam semua kasus , server Anda hanya berkemampuan sebagaimana yang disediakan oleh Penyedia jaringan Anda . Jika operator Anda tidak menyediakan bandwidth yang Anda butuhkan , Anda mungkin perlu untuk menegosiasikan kenaikan , atau menemukan penyedia yang berbeda yang dapat menyediakan Anda bandwidth yang dibutuhkan sesuai lalu lintas untuk website Anda .

Sumber :