Manfaat Kopi ternyata bisa mencegah kanker usus besar

manfaat kopiHanya dengan minum kopi 2,5 cangkir sehari, Anda akan merasakan manfaat kopi yang sesungguhnya, yaitu terbebas dari serangan kanker usus besar dan beberapa penyakit berbahaya lainnya.

Para peneliti dari Universitas Southern California baru saja mengumumkan, jika Anda mengonsumsi kopi 2,5 cangkir per hari, Anda akan terhindar dari risiko kanker usus besar.

Apa pun jenis dan teknik mengolahnya, kopi tetap berkhasiat. Berikut manfaat kopi bagi kesehatan.

Mencegah kanker

Antioksidan pada kopi membantu menekan risiko gejala kanker pada tubuh. Hasil penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi kopi 1-2 cangkir per hari mampu menurunkan risiko kanker, khususnya kanker usus besar hingga 26 persen. Sementara konsumsi minum kopi 2,5 cangkir per hari atau lebih dapat menurunkan risiko kanker usus besar sampai 50 persen.

Meningkatkan mood

Disadari atau tidak, manfaat kopi yang lain, kebanyakan orang menjadi lebih bergairah dan ceria ketika meminum kopi. Berdasarkan penelitian, ternyata kopi merupakan salah satu minuman yang dapat meningkatkan mood seseorang. Bahkan, kopi dikabarkan juga dapat memberikan efek yang berkorelasi pada kebahagiaan.

Mencegah parkinson

Parkinson diketahui merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan menurunnya fungsi saraf dalam tubuh manusia. Parkinson merupakan salah satu penyakit terpopuler di dunia. Ternyata mengonsumsi kopi secara rutin memberikan manfaat dapat meningkatkan perlindungan tubuh terhadap ancaman penyakit ini.

Meningkatkan stamina

Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin dalam tubuh bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur terhadap otak menjadi berkurang. Kafein dalam kopi mempengaruhi kinerja sel dan menjadikan pergerakannya lebih lambat sehingga membuat perasaan segar lebih lama. Untuk itu jika Anda belum ingin tidur karena masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan, cobalah menyeduh kopi.

Menjaga kesehatan mulut

Antioksidan yang tinggi dalam kopi memiliki sifat anti-bakteri yang baik bagi kesehatan mulut. Hal ini dapat membantu penyembuhan gigi berlubang, plak dan infeksi gusi. Tentu saja berpeluang besar untuk menekan risiko kanker mulut.

Mengurangi risiko diabetes

Jika Anda penikmat kopi tanpa gula maka kopi yang Anda minum akan bermanfaat sebagai penyerap gula. Para ahli telah membuktikan penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang, dapat diturunkan 50 persen berkat manfaat kopi. Kandungan zat asam klorogenat membantu kinerja hal ini pada peningkatan pembentukan hormon insulin.

Mengurangi risiko alzheimer

Kopi telah teruji dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf. Penderita alzheimer rata-rata diidap oleh orang yang berusia 65 tahun ke atas. Penyakit ini ditengarai dengan menurunnya fungsi saraf otak. Penderita alzheimer akut akan kesulitan untuk mengingat apa saja.

Itulah sejumlah kabar membahagiakan jika Anda adalah penikmat kopi. Kendati demikian, peneliti menyarankan agar Anda mengonsumsi kopi dengan tidak berlebihan. Sebab kopi juga mempunyai efek samping yang cukup berbahaya. Peneliti menyarankan agar Anda mengonsumsi dengan wajar untuk bisa mendapatkan semua manfaat kopi, yakni maksimal dua gelas sehari.

So, mari kita ngopi…